Sabtu, 10 Desember 2011

Dunia Yang Berbatu

Sebagian besar Bumi tersusun dari batuan. Bumi memiliki lapisan kerak yang tipis. Pada bagian di bawah kerak, terdapat lapisan lain yaitu lapisan batuan yang tebal dan panas yang disebut dengan lapisan Mantel Bumi. Di bagian inti Bumi terdapat lapisan inti logam.

Struktur Dalam Bumi 
Bumi memiliki 5 lapisan, Dari yang paling luar hingga yang paling dalam yaitu lapisan kerak Bumi, Lapisan mantel luar, lapisan mantel dalam, lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

Kerak Bumi 
Kerak bumi bersuhu 0 derajat Celcius, dengan ketebalan 0-40 Km. Kerak bumi terdiri dari kerak Benua dan kerak Samudra, perbedaan keduanya bukan masalah letak geografinya, tapi yang membedakan adalah komposisi penyusunnya. Kerak Benua bersifat tebal, kaku (rigid) dan ringan  yang menyebebkan dia sulit bergerak. Sedangkan kerak samudra bersifat tipis, mobile, dan berat sehingga mudah bergerak.

Lapisan Mantel Luar dan Dalam

Kedua lapisan ini jika di gabungkan, memiliki ketebalan 3000 Km, itu adalah lapisan yang paling tebal dari Bumi. Panas dan lapisan mantel bumi bagian atas membuat batu-batu bergerak perlahan seperti cairan gula kental. Suhu mantel Bumi sekitar 1000-2000 derajat celcius.

Lapisan Inti Luar dan Dalam
Inti bumi memiliki suhu yang paling panas, yaitu 3700-4300 derajat celcius, ketebalannya sekitar 2500 Km, Inti bumi bagian luar lebih cair dari pada inti dalam, inti dalam tetap padat walaupun suhunya tinggi karena memiliki tekanan yang sangat tinggi.




0 komentar:

Posting Komentar