Sabtu, 10 Desember 2011

Apakah Batu Itu ??

Batu ada dimana-mana. Mulai dari tanah dibawah telapak kakimu hingga ke gunung-gunung, tebing-tebing, serta batu-batu kerikil di pinggir laut, bahkan tanah pun terbuat dari batu.

Petunjuk masa lampau
Batu adalah zat padat di bagian luar bumi. batu telah terbentuk sejak awal sejarah Bumi dan masih terbentuk hingga sekarang. Batu menyimpan banyak petunjuk tentak bemtik Bumi di masa lampau, serta bagaimana kekuatan alam seperti angin dan air dalam mengubah bentuk daratan Bumi selama jutaan tahun. Ilmu yang mempelajari batuan adalah geologi. Orang yang mempelajari batian di sebut Geolog (Ahli Geologi).

Jenis- Jenis Batuan
Batuan dapat terbentuk dengan tiga cara. Batuan beku terbentuk dari magma panas yang berwarna merah yang membeku. Batuan endapan umumnya terbentuk dari pecahan batu lain yang mengendap dan membatu. Batuan malihan atau yang sering disebut batuan Metamorf terbentuk dari batuan lain yang terubah oleh panas dan tekanan.

Mineral
Batuan terbentuk dari campuran alami yang disebut mineral yang biasa membentuk kristal ada sekitar 4000 mineral yang ada di bumi,  ada yang banyak di temukan, ada juga yang sangat langka dan jarang di temui.

Siklus Batuan
Mineral penyusun Batuan mengalami penghancuran dan penyusunan kembali dalam suatu siklus yang terjati dalam kurun waktu ratusan juta tahun. Batuan-batuan tersebut terbentuk terus menerus dan akhirnya akan meleleh di dalam bumi dan akan mulai siklus batuan yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar